Materi 4-Teknologi Pembelajaran Visual, menawarkan Kemudahan dan Kecanggihan Berbiaya rendah

Oleh Drs.Sugeng Rianto, M.Sc, Ph.D
Senin, 18 maret 2012

Kerangka
A. Pranala
Model pembelajaran trandisional (khusu bidang kedokteran)
Kebergantungan pada metode yang telah terbangun, mahasiswa praktek berdasarkan apa yang ada di buku, lalu bereksperimen berdasarkan pengalaman senior.
Kekurangan waktu praktek
Terlalu banyak prosedur yang harus dipelajari
Belajarnya berkelompok, tidak satu persatu.

B. Tantangan pendidikan
Diperlukan transisi yg aman
Dokt berketrampilan tinggi
Kasus medis semakin komplex
Adanya profesi lintas sektoral
Harapan pendidikan yang lebih baik, lebih murah dan memberikan kemudahan
Membutuhkan media belajar yg mempercepat pemahaman dan ketrampilan
Pendidikan dan pelatihan membutuhkan alat uji yang akurat akan kinerja dan kemampuan
Pendidikan masa kini berhadapan dengan metodologi baru (bits and bytes menggantikan sistem pendidikan riil

C. Solusi yang diperlukan
     >Dapat mengajarkan prosedur-prosedur baru dan melakukan banyak perulangan tanpa menambahkan sumber daya (tidak perlu pasien, mayat, boneka, binatang, bahan kimia, dll)
    >Sistem yang dapat mengukur secara pasti tingkat kompetensi yang diperlukan
    >Dapat melakukan perencanaan terbaik sebelum terjun ke lapangan
Biaya murah dan tervalidasi
-Teknologi virtual realiti
   >Virtual realiti
Teknologi yang membuat pengguna dpt berinteraksi dgn lingkungan yang disimulasikan oleh komputer
Lingkungan riil yangditiru atau lingkungan yang benar-benar hanya ada dalam imaginasi
Umumnya menyajikan pengalaman visual yang ditampilkan pada layar komputer, penampil stereokopik, beberapa simulasi mengikut sertakan pengindraan seperti suara melalui speaker atau headphone

  >Augmented realiti
Istilah yg dipakai utnuk pandangan langsung atau tak langsung dari objek fisis ( dunia nyata yg unsur2nya di augmentedkan oleh penindera masukan ygdiuat di komputer seperti graik dan suara
  >Mixed realiti
D. Teknologi VR dalam Pembelajaran
Training mahasiswa (mengurangi resiko kegagalan dan bahaya)
Perancangan
CAD dan aslinya…(?)
Simulator
Berbagai pendekatan dalam pengajaran
E. Simpulan
Teknologi VR dapat digunakan untuk pembelajaran dan mengurangi berbagai resiko kegagalan sehingga waktu dan biaya menjadi lebih sedikit alias lebih efisien dan efektif…

F. Demonstrasi
wow…keren…
Kalo hukum, simulasinya pencurian, pembunuhan, kecurangan pemilu, proses pemberian kredit oleh Bank. dll. Eureka!!

Komentar: tidak perlu diragukan lagi bahwa teknologi seperti ini sangat dibutuhkan untuk mengembangkan pembelajaran meskipun tiap lahirnya suatu teknologi dibalik manfaatnya ada ancaman penyalagunaan dan membahayakan manusia dan makhluk hiduplainnyadi muka bumi ini. Kita harus positif thinking dan mendukung penuh.

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*